Sejarah Ulil Albab Batam

Yayasan Ulil Albab Batam merupakan lembaga yang bergerak dibidang pendidikan untuk menciptakan generasi qur’ani, Cerdas, Sholih dan berkarakter. Yayasan Ulil Albab Batam didirikan pada tahun 1998 oleh beberapa orang pegiat dakwah yang merasa risau karena belum adanya lembaga pendidikan yang memadukan antara pendidikan umum dan agama serta unggul dalam bidang akademik.
Yayasan Ulil Albab Batam merupakan Yayasan Pendidikan Islam Terpadu pertama di Provinsi Kepulauan Riau dengan menjalankan sistem pendidikan dengan basis kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Yayasan Ulil Albab Batam berdiri kokoh di atas sebidang tanah yang beralamat di Jln. Tiban UTara No.1 Kel. Patam Lestari Kec. Sekupang Batam dan alhamdulillah sampai saat ini Yayasan Ulil Albab Batam sudah mengayomi 4 unit tingkat pendidikan TPAIT/TKIT, SDIT, SMPIT dan SMAIT.
Yayasan Ulil Albab Batam dibangun dan dikembangkan dari dana masyarakat (orang tua murid, pengurus yayasan dan bantuan pemerintah. Kerja Tim (amal jama’i) sudah menjadi ciri khas Yayasan Ulil Albab Batam dalam membangun dan mengembangkan yayasan lembaga. Saat ini Yayasan Ulil Albab Batam terus berinovasi, Konsen dalam pembinaan SDM (Sumber Daya Manusia) dan bertekad kuat untuk menjadi Lembaga  Pendidikan Islam rujukan di Provinsi Kepulauan Riau.

PERIODE PERKEMBANGAN

Yayasan Ulil Albab Batam mulai mendirikan Sekolah Islam Terpadu tahun 1998 yaitu Sekolah Taman Kanak-Kanak dengan mengontrak sebuah rumah di Tiban BTN Kelurahan Tiban Indah yang kemudian pada tahun 2010 pindah ke komplek Bank Duta / Perumahan Taman Mutiara Duta Blok B#2 dengan membeli sebuah rumah yang dikemudian hari digunakan sebagai tempat diselenggarakannya Sekolah Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Anak Harapan sampai tahun 2008 hingga akhirnya kemudian berkumpul menjadi satu dengan semua unit Sekolah Ulil Albab lainnya di Komplek Kampus Ulil Albab Batam.

Setelah Sekolah Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) berdiri, Yayasan Ulil Albab kemudian mendirikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) pada tahun 2002. Alhamdulillah minat masyarakat kota Batam untuk menyekolahkan anaknya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ulil Albab Batam cukup tinggi sehingga sekolah kami terus berkembang hingga kami melanjutkan pendirian jenjang sekolah yang lebih tinggi yaitu Sekolah Menengah Tingkat Pertama Islam Terpadu (SMPIT) pada tahun 2011 dan Sekolah Menengah Tingkat Atas Islam Terpadu (SMA) pada tahun 2018.  Saat ini jumlah anak didik yang sekolah di SIT Ulil Albab Batam berjumlah 1.375. murid.

Pengurus Yayasan Ulil Albab sudah beberapa kali mengalami pergantian, berawal dari Ustadz H. Heru Winarno, M.B.A  yang saat ini sudah berpindah ke Jawa Timur kemudian dilanjutkan oleh beberapa penerusnya yaitu H. Ir. Ria Sapratika, M. Ing, H. Iwan Agung Kusuma Pranata, M.S.i. H. Muhammad, S.Pd dan Yusuf, S.Mn,M.M.

Sekolah Islam Terpadu Ulil Albab Batam merupakan Sekolah Islam Terpadu yang pertama kali berdiri di Propinsi Kepulauan Riau. Sebagai pioner adanya Sekolah Islam Terpadu di Propinsi Kepulauan Riau maka wajar jika SIT Ulil Albab Batam memiliki visi Menjadi Sekolah Islam Rujukan. Hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya sekolah-sekolah baru baik yang berasal dari dalam Propinsi Kepulauan Riau ataupun dari luar propinsi seperti Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan yang melakukan studi banding di Sekolah Islam Terpadu Ulil Albab (SIT UA) Batam. Bahkan beberapa kali Sekolah Islam Terpadu Ulil Albab Batam menerima tamu dari pihak luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

Sekolah Islam Terpadu Ulil Albab Batam memiliki keunggulan di bidang akademik dan non akademik. Di bidang akademik SIT Ulil Albab Batam terbiasa berada di deretan atas dalam pemeringkatan nilai UN di Kota Batam. Di bidang non akademik siswa Ulil Albab juga sudah lancar dan fasih dalam membaca Kitab Suci Alqur’an bahkan mampu hafal beberapa juz dari dari Kitab Suci Alqur’an. Dari sisi kegiatan ekstra kurikuler siswa SIT Ulil Albab juga berprestasi di bidang olah raga khususnya Futsal. Tim Futsal Ulil Albab berhasil menjadi juara pertama lomba futsal di tingkat Propinsi Kepulauan Riau pada tahun 2019. Kini Yayasan Ulil Albab Batam telah berusia lebih dari dua dasawarsa dan saatnya memikirkan untuk terwujudnya sebuah perguruan tinggi. Semoga Allah SWT memudahkan jalannya. Aamiin ya rabbal alamin.